Cegah Penyebaran Covid-19, Pelindo 1 Perketat Pemeriksaan Kesehatan Penumpang KM Kelud

Cegah Penyebaran Covid-19, Pelindo 1 Perketat Pemeriksaan Kesehatan Penumpang KM Kelud

Rambe
By -
0

Seorang penumpang KM K elud yang turun di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, melewati  thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh, Senin (13/7/2020).(Foto:Dok)

Bicara News|Belawan - Mencegah meluasnya penyebaran virus corona di Sumatera Utara, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1, selaku pengelola Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan bekerjasama dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memperketat pengawasan protokol kesehatan terhadap penumpang Kapal Motor (KM) Kelud.
Terlihat ratusan penumpang KM Kelud asal Pelabuhan Tanjumg Periok, Jakarta via Batam yang turun di dermaga Terminal Penumpang Bandar Deli, Senin, (13/7/2020) dilakukan deteksi suhu tubuh, diwajibkan menggunakan masker serta menerapkan physical distancing, dan penyemprotan disinfektan terhadap seluruh barang bawaan penumpang.
“Pengawasan dan pemeriksaan kesehatan yang ketat, diterapkan untuk memastikan seluruh kegiatan di terminal penumpang selama masa adaptasi kebiasaan baru sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Ka Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami. 
Lebih kanjut dikatakanya, penerapan protokol kesehatan di area Terminal Penumpang Bandar Deli, diawali sejak kapal akan bersandar di pelabuhan, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat sandar setelah berstatus bebas karantina. 
Sementara itu di areal terminal penumpang juga telah dilengkapi fasilitas kesehatan seperti hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan penyemprotan barang-barang bawaan penumpang dengan desinfektan.
Sedangkan untuk alur pelayanan penumpang naik, seluruh calon penumpang harus melewati pemeriksaan oleh petugas KKP, seperti validasi surat hasil rapid test, psngecekan e-hac (electronic health alert card) dan pemeriksaan nadi menggunakan pulse oximeter, selanjut calon penumpang diijinkan memasuki counter chek in dan ruang tunggu keberangkatan, kemudian memasuki kapal melalui garbarata.(sib/bm)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)